Opening Time :  Monday‑Saturday  09:00‑21:00   WIB
Call Now / WhatsApp :  08997085631

Yuk Kenali Berbagai Sensor Pada Smartphone

Yuk Kenali Berbagai Sensor Pada Smartphone

Kecanggihan smartphone beberapa tahun belakangan ini memang nggak bisa dipungkiri lagi. Mulai dari alat bantu telepon dan SMS, sekarang smartphone bisa digunakan untuk mengukur berbagai jenis hal seperti kesehatan tubuh serta suhu. Ya, hal ini bisa dilakukan berkat teknologi sensor smartphone yang ada saat ini.

Apa itu sensor? Secara definisi, sensor merupakan sebuah komponen elektronik yang bisa mendeteksi sebuah event/situasi dalam lingkungan sekitar. Mau tahu sensor apa saja yang sudah ada di kebanyakan smartphone? Simak langsung di ulasan ini!

Mengenal Sensor Smartphone

1. Accelerometer

Ini dia sensor paling umum ditemukan pada setiap smartphone. Sensor accelerometer ini berfungsi untuk mendeteksi arah smartphone.

Jika kamu memutar smartphone ke arah vertikal, maka konten dari smartphone pun akan bergerak ke arah vertikal. Begitu pula sebaliknya dengan arah horisontal.

2. Gyroscope

Mirip seperti sensor accelerometer, sensor gyroscope juga mendeteksi arah pada smartphone.

Yang membedakan keduanya adalah arah yang dideteksinya. Jika pada sensor accelerometer, smartphone hanya bisa medeteksi sumbu X dan sumbu Y, sensor gyroscope bisa mendeteksi putaran.

Apa sih kegunaannya? Sensor ini biasa digunakan untuk keperluan kompas dan juga peta pada GPS kamu.

3. Proximity sensor

Sensor yang satu ini juga cukup sering kamu gunakan walaupun tanpa sadar, lho. Proximity sensor mengukur dan mendeteksi jarak dari smartphone ke objek-objek tertentu.

Contohnya, ketika kamu sedang melakukan panggilan pada smartphone, layar smartphone akan menjadi gelap ketika sedang berada di dekat telinga.

Namun, ketika kamu menjauhkan smartphone dari telinga, layar pun akan menyala sehingga kamu bisa melakukan aktivitas lain pada smartphone ketika sedang menelepon. Hal ini akan membantu menghemat baterai smartphone saat melakukan panggilan.

4. Magnetometer

Sensor magnetometer bisa mendeteksi gelombang magnetik di smartphone. Meski terdengar asing, tapi kamu cukup sering menggunakan sensor yang satu ini.

Pada aplikasi kompas, sensor magnetometer akan mendeteksi ujung polar utara sehingga kompas bisa memberikan arah yang tepat.

Selain itu, sensor ini juga berguna untuk mengunci layar smartphone ketika kamu menggunakan case tambahan. Pernah bukan kamu membeli casing smartphone yang secara otomatis mengunci layar ketika kamu menutupnya? Ya, ini adalah salah satu fungsi magnetometer.

5. Light sensor

Sensor cahaya pada smartphone sangat dirasakan ketika kamu sedang berada di tempat outdoor.

Smartphone secara umumnya akan secara otomatis meng-adjust tingkat keterangan pada layar. Inilah yang dilakukan oleh sensor cahaya.

Bahkan, di smartphone yang lebih canggih sensor ini bisa mendeteksi warna merah, biru, , putih, dan hijau secara sendiri. Hasilnya? Gambar yang ditampilkan pun akan memiliki warna yang sangat sempurna.

6. Barometer

Sensor barometer digunakan untuk mendeteksi tingkat tekanan atmosfer. Ketika kamu menggunakan fitur geo-tagging untuk mendeteksi lokasi kamu, maka sensor ini akan secara otomatis mengukur cuaca pada lokasimu.

Selain itu, sensor ini juga bisa digunakan untuk para pendaki gunung untuk mengukur tingkat altitude.

7. Thermometer

Hampir semua dari kamu pasti sudah familiar bukan dengan fungsi thermometer? Ya, sensor yang satu ini digunakan untuk mendeteksi suhu temperatur.

Sensor ini juga berguna untuk menjaga kelangsungan hidup smartphone kamu. Ketika kamu melakukan berbagai aktivitas berat di smartphone, baterai pun akan menjadi panas sehingga mempengaruhi suhu smartphone kamu.

Ketika kamu menggunakan aplikasi pengukur suhu pada smartphone, sensor akan mengecek suhu temperatur dan menginformasikannya ke kamu.

8. Pedometer

Sama seperti kegunaan sensor pedometer pada umumnya, di smartphone pun sensor ini digunakan untuk mengukur langkah yang kamu tempuh.

Sensor smartphone satu ini selalu digunakan di berbagai jenis aplikasi fitness, lho. eski belum tentu 100% akurat, tapi cukup canggih bukan untuk ukuran smartphone yang biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi saja?

9. Heart rate monitor

Sama seperti sensor pedometer, sensor heart rate monitor pun digunakan di berbagai aplikasi kesehatan.

Umumnya, sensor ini digunakan untuk mengukur detak jantung penggunanya. Dengan cara menempelkan jari pada kamera belakang, smartphone bisa mengukur denyut jantung per menitnya.

10. Fingerprint sensor

Ini dia sensor yang kini sangat populer bagi pecinta smartphone.

Sekuritas telah menjadi hal penting yang sangat diutamakan oleh pengguna smartphone. Karena itu, sensor fingerprint ini sangat diperlukan untuk menjaga semua data pada smartphone.

Sensor mendeteksi garis-garis jari yang sebelumnya sudah disimpan pada database smartphone. Untuk membuka kunci smartphone, kamu harus mempunyai garis-garis jari yang identik dengan yang sudah disimpan sebelumnya.

11. Harmful radiation sensor

Sensor smartphone ini nggak selalu ada di semua smartphone. Kabarnya, hanya smartphone yang lebih canggih saja yang memiliki sensor harmful radiation ini.

Gunanya pun sama seperti namanya, untuk mengukur tingkat radiasi pada suatu tempat dimana smartphone berada. Canggih, bukan?

Leave a Reply

test