Opening Time :  Monday‑Saturday  09:00‑21:00   WIB
Call Now / WhatsApp :  08997085631

Mitos Seputar Pengisian Baterai Smartphone Android

Mitos Seputar Pengisian Baterai Smartphone Android

Ketika membicarakan soal baterai, banyak sekali aturan yang harus kamu taati supaya baterai ponsel pintar (smartphone) kamu tetap awet. Namun, apakah seluruh aturan yang pernah kamu dengar itu 100% benar atau hanya mitos belaka?

Melalui artikel ini RAPIHCENTER menyampaikan lima mitos dalam pengisian baterai ponsel pintar Android.

1. Menggunakan charger tidak resmi akan merusak baterai

Ini merupakan mitos yang tidak benar. Sebelum melanjutkan, perlu diingat bahwa “tidak resmi” di sini maksudnya menggunakan alat pengisi daya (charger) yang berbeda dengan merek ponsel pintar yang digunakan. Pada kenyataannya, menggunakan alat pengisi daya merek apapun tidak akan memberikan masalah kepada baterai, selama alat pengisi daya yang kamu gunakan masih berfungsi dengan baik.

Lain halnya apabila kamu menggunakan alat pengisi daya palsu atau tiruan yang memang tidak dibuat di pabrik yang resmi atau sah. Menurut penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, menggunakan alat pengisi daya yang palsu atau tiruan dapat merusak baterai dan memperpendek masa hidup baterai. Jadi, berhati-hatilah ketika menggunakan alat pengisi daya ya!

2. Tidak boleh menggunakan ponsel pintar ketika sedang dicas

Mitos. Kamu boleh menggunakan ponsel pintar kamu sesuka hati ketika sedang dicas. Namun perlu kamu ingat, selama kamu tidak menggunakan alat pengisi daya dan baterai palsu atau tiruan, hal ini boleh-boleh saja kamu lakukan. Tahukah kamu kalau pernah terjadi kasus ponsel pintar yang meledak ketika dicas karena menggunakan alat pengisi daya dan baterai palsu atau tiruan.

Sebenarnya, alasan banyak orang mengatakan untuk tidak menggunakan ponsel pintar ketika sedang dicas adalah supaya membuat baterai ponsel pintar cepat penuh dan tidak panas. Ponsel pintar Android akan mengalami kenaikan suhu ketika dicas, dan menggunakannya untuk aktifitas yang berat (bermain game misalnya) akan membuat ponsel pintar semakin panas. Apabila ponsel pintar kamu menjadi terlalu panas, dapat merusak baterai bahkan komponen ponsel pintar kamu.

3. Mengisi daya baterai semalaman akan merusak baterai

Ini adalah mitos. Ponsel pintar kamu adalah ponsel yang “pintar” karena dapat menghentikan aliran arus listrik apabila baterainya sudah penuh ketika sedang dicas. Oleh karena itu, meninggalkan ponsel pintar kamu untuk dicas semalaman adalah hal yang aman untuk kamu lakukan dan tidak akan merusak baterai.

Namun, lain halnya apabila ketika dicas semalaman ponsel pintar kamu menjadi panas. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya apabila ponsel pintar Android menjadi terlalu panas, dapat merusak baterai dan komponen di dalam ponsel pintar. Oleh karena itu, apabila kamu ingin meninggalkan ponsel pintar kamu untuk dicas semalaman, lepaskan aksesoris pelindung ponsel dan letakkan ponsel pintar kamu di tempat yang sejuk.

4. Ponsel pintar Android tidak perlu dimatikan

Menyalakan ponsel pintar kamu terus menerus bukanlah hal yang baik. Seperti laptop atau komputer, apabila menyala terus menerus lama kelamaan akan menjadi panas, kemudian beroperasi dengan lambat. Begitu pula dengan ponsel pintar Android, apabila menyala terus menerus akan menjadi mudah panas sehingga merusak baterai dan komponen ponsel pintar kamu.

Matikanlah setidaknya seminggu sekali, atau matikan di malam hari ketika kamu sedang tidur. Hal ini juga dapat dilakukan untuk membuat baterai ponsel pintar tetap awet lho!

5. Cas ponsel pintar Android setelah benar-benar mati

Ini adalah mitos, jangan pernah lakukan hal ini. Baterai lithium ion di ponsel pintar Android seperti yang saat ini digunakan akan menjadi tidak stabil ketika dayanya mencapai 0%. Apabila hal ini terus dilakukan, jangan kaget apabila baterai ponsel pintar kamu cepat bocor.

Lakukanlah pengisian daya apabila daya baterai sudah mencapai 20%. Bahkan, kamu dapat mengisi daya ponsel pintar Android kamu setiap saat, meskipun baru berkurang sedikit, selama hal itu tidak membuat ponsel pintar kamu menjadi terlalu panas.

Leave a Reply