Opening Time :  Monday‑Saturday  09:00‑21:00   WIB
Call Now / WhatsApp :  08997085631

Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone

Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone

Seringkali ketika kamu sedang menggunakan ponsel pintar (smartphone) untuk beraktivitas, tanpa disadari daya baterai ponsel pintar kamu tiba-tiba saja berada di kondisi lemah. Padahal, sepertinya baru 2 jam yang lalu kamu mengisi daya baterainya. Pernahkah kamu mengalami kondisi seperti itu?
Baterai ponsel pintar kapasitas kisaran 1300 – 1500 mAh seharusnya dapat tahan hingga sepuluh jam dalam pemakaian normal (meramban internet, mendengarkan musik, dan membuka aplikasi yang ringan). Namun, terkadang kamu melakukan hal-hal yang tanpa disadari membuat daya baterai ponsel pintar Android kamu cepat habis.
Dalam kesempatan kali ini, kami memberikan lima tips untuk menghemat daya baterai ponsel pintar Android supaya tidak cepat habis.

1. Matikan ponsel pintar ketika tidak digunakan
Apabila kamu berencana untuk tidak akan menggunakan ponsel pintar dalam beberapa jam ke depan, matikan saja ponsel pintar kamu untuk menghemat daya baterai. Misalnya, ketika kamu sedang berkendara jauh, berada di dalam rapat, atau sedang tidur, mematikan ponsel pintar selama beberapa jam dapat menghemat daya baterai jauh lebih banyak ketimbang hanya menguncinya. Perlu kamu ingat, menyalakan ponsel pintar cukup memakan banyak daya baterai daripada membuka ponsel pintar dari posisi mengunci. Oleh karena itu, jangan terlalu sering mematikan kemudian menyalakan ponsel pintar karena efek dari hal tersebut malah dapat berbalik membuat daya baterai menjadi boros. Matikan ponsel pintar kamu apabila kamu tahu tidak akan menggunakannya dalam beberapa jam ke depan.

2. Matikan fungsi getar
Fungsi getar menggunakan daya baterai lebih banyak dari nada dering. Ini adalah kesalahan umum yang mungkin kamu lakukan ketika menyetel mode getar dan sunyi pada ponsel pintar. Ketika ponsel pintar mengeluarkan suara, baterai hanya perlu mengeluarkan daya untuk menggetarkan speaker kecil di dalam ponsel pintar saja. Bayangkan berapa banyak daya yang perlu baterai keluarkan untuk menggetarkan satu ponsel pintar, pasti banyak bukan?
Hal yang sama berlaku dalam penggunaan getar untuk fungsi yang lain, tidak hanya ketika ada panggilan masuk atau notifikasi saja. Terkadang, kamu secara tidak sadar menyalakan getar untuk setiap sentuhan pada layar ponsel pintar atau ketika bermain game. Matikanlah fitur getar apabila tidak benar-benar dibutuhkan dan tidak sedang menunggu panggilan penting untuk menghemat daya baterai.

3. Redupkan layar ponsel pintar
Apabila kamu mengatur tingkat kecerahan layar di titik maksimal, kurangilah sekarang juga. Hal ini dapat benar-benar menguras habis daya baterai ponsel pintar kamu. Menggunakan ponsel pintar terus menerus saja sudah menghabiskan daya baterai ponsel pintar, terlebih lagi apabila memaksimalkan tingkat kecerahan layar.
Apabila ponsel pintar kamu sudah mendukung fungsi tingkat kecerahan otomatis, aktifkan fungsi tersebut untuk mengoptimalkan daya baterai. Namun, alangkah lebih baik apabila kamu meredupkan tingkat kecerahan layar ponsel pintar hingga ke titik dimana kamu dapat melihat layar ponsel pintar kamu dengan cukup jelas. Apabila kamu melaksanakan tips ini, daya baterai ponsel pintar kamu akan menjadi jauh lebih hemat.

4. Tutup aplikasi yang tidak perlu
Dalam penggunaan ponsel pintar Android, tidak sedikit aplikasi yang masih berjalan di latar belakang meskipun kamu sudah keluar dan tidak menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini sebenarnya merupakan fitur ponsel pintar yang canggih untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, akan tetapi di sisi lain juga menggunakan daya baterai yang besar. Apabila kamu tidak sedang menggunakannya, tutup aplikasi tersebut dari latar belakang.
Cara menutupnya, kamu cukup menahan tombol yang memunculkan daftar aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Biasanya, tombol tersebut berada di sebelah kanan beranda layar sentuh ponsel pintar kamu. Kemudian, geser aplikasi atau tekan tombol silang untuk benar-benar menutupnya dari latar belakang.

5. Matikan Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan 3G/4G apabila tidak digunakan
Seringkali kita lupa untuk mematikan fitur-fitur penunjang konektivitas seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan akses data 3G setelah menggunakannya. Untuk menghemat baterai, matikanlah Bluetooth apabila kamu tidak sedang bertukar file dengan teman kamu. Selain itu, jangan lupa mematikan fitur Wi-Fi pada ponsel pintar kamu apabila di tempat kamu sekarang tidak memiliki jaringan akses Wi-Fi.
Apabila kamu sedang tidak membuka aplikasi yang membutuhkan fitur GPS seperti Path atau Google Maps, matikanlah GPS di ponsel pintar kamu supaya ponsel pintar kamu tidak terus-terusan mencari tahu posisinya yang sangat menguras daya baterai. Terakhir, matikanlah akses data 3G/4G apabila di tempat kamu sekarang berada tidak mendukung penerimaan sinyal 3G/4G. Ketika fitur-fitur tersebut dinyalakan, ponsel pintar Android kamu akan terus mencari koneksi Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan sinyal 3G/4G hingga dapat, hal ini tentu saja akan membuat daya baterai ponsel pintar Android kamu cepat habis.

Leave a Reply

Hai kak, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by