Opening Time :  Monday‑Saturday  09:00‑21:00   WIB
Call Now / WhatsApp :  08997085631

Smartphone kamu terkena virus ? Ikuti Tips Langkah Jitu Menghapus Virus

Smartphone kamu terkena virus ? Ikuti Tips Langkah Jitu Menghapus Virus

Adware adalah perangkat lunak yang bersifat seperti virus dan bisa meng-install dirinya sendiri serta memunculkan iklan pop-up pada smartphone. Tentunya hal ini nggak cuma sangat menganggu pengalaman browsing-mu, tetapi juga memunculkan dampak menyebalkan lainnya, seperti kuota dan baterai yang ikut terkuras hingga kinerja smartphone yang jadi lebih lemot meski spesifikasi smartphone kamu sudah mumpuni.

Kini adware sering disusupkan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab, bahkan sebelum smartphone tersebut sampai di tangan kamu. Untuk mencegah dan mengatasi berbagai dampak menyebalkan dari adware, ikuti tips menghapus adware berikut!

√ Tips Menghapus Adware

Cara paling sederhana untuk menghilangkan berbagai iklan yang menganggu pada smartphone adalah dengan mengunduh dan meng-install aplikasi yang mampu memblokir iklan alias “Ad-Block” seperti AdBlocker Browser atau AdBlocker Lite.

Kinerja aplikasi tersebut hanya akan membantu menghilangkan iklan-iklan yang muncul akibat adanya adware, namun tidak benar-benar menghapus adware yang ada. Jadi, pilihan ini bisa kamu gunakan setelah kamu benar-benar menghapus adware yang ada.

√ Gunakan Anti-Adware

Untuk menghapus adware, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi anti-adware yang tersedia di Google Playstore. Aplikasi ini akan membantu memindai smartphone dan menemukan sumber adwareyang mengganggu tersebut.

Setelah menemukan sumber adware, kamu bisa langsung menghapusnya. Namun, jika adware menyusup pada apalikasi bawaan, terkadang adware jadi tidak dapat dihapus begitu saja. Jika begitu, yang harus kamu lakukan adalah melakukan “Factory Reset”.

√ Factory Reset

Untuk menghapus virus yang menganggu, termasuk adware, memang paling ampuh dengan me-reset ulang smartphone kamu. Dengan melakukan “Factory Reset” kamu akan menghapus semua data di smartphone, termasuk juga virus-virus yang menginfeksinya.

Setelah melakukan back-up data-data pribadi, kamu cukup membuka pengaturan atau setting pada smartphone dan buka pengaturan privasi dimana kamu akan menemukan pilihan factory data reset. Cukup pilih dan smartphone akan melakukan proses reset.

Alternatif lain untuk melakukan “Factory Reset” adalah dengan menekan tombol volume, home, dan power secara bersamaan dalam beberapa detik hingga kamu dibawa menuju recovery mode yang di dalamnya terdapat pilihan factory reset.

Cara ini juga bisa kamu lakukan jika kamu merasa smartphone kamu sudah mulai lemot dan sering nge-hang.

√ Anti-Virus Smartphone

Setelah melakukan “Factory Reset”, smartphone akan terasa seperti baru lagi dimana semua aplikasi kembali menjadi seperti bawaan aslinya. Namun, bukan berarti smartphone kamu jadi aman dari adware.

Untuk pencegahan, ada baiknya kamu mengunduh anti-virus untuk smartphone-mu sehingga adware tidak bisa menyusup lagi. Hindari juga mengunduh aplikasi tidak resmi dan mengakses situs yang beresiko menyebar virus agar smartphone kamu nggak disusupi adware lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kamu merasa smartphone kamu terinfeksi adware. Salah satu cara untuk mengidentifikasi apakah smartphone kamu disusupi adware oleh pihak nggak bertanggung jawab adalah ketika kamu membeli smartphone baru. Perhatikanlah laman awal “welcome” yang biasa disusul dengan registrasi akun Google.

Jika kamu tidak menemukan laman registrasi ini dan langsung diarahkan ke layar “Home”, ada baiknya kamu lakukan “Factory Reset” terlebih dahulu sebelum mengoperasikan kembali smartphone karena kemungkinan smartphone kamu sudah disusupi adware oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply

test