Opening Time :  Monday‑Saturday  09:00‑21:00   WIB
Call Now / WhatsApp :  08997085631

Keyboard repair

Hal yang membuat kesal saat dikejar deadline pekerjaan adalah saat ada bagian keyboard laptop yang tidak berfungsi. Pasti masalah ini akan menghambat pekerjaan kamu dan cukup membuat lelah.

Maka dari itu, kami akan memberitahu kamu bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Keyboard merupakan salah satu Hardware yang memiliki peran penting. Tetapi karena sering digunakan, keyboard menjadi bagian laptop yang rentan rusak. Ada beberapa penyebab tombol keyboard tidak berfungsi.

Dikutip dari Ubergizmo, apabila ada tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi, bisa jadi karena terdapat masalah pada software atau hardware. Pada artikel ini, akan kami infokan bagaimana cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi.

1. Rutin membersihkan keyboard dari debu

Jika kamu menemukan satu tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi, sementara tombol yang lainnya baik-baik saja, ada kemungkinan keyboard tersumbat oleh debu yang menumpuk.

Cara mengatasi keyboard error seperti itu dengan membersihkan debu secara efektif yaitu dengan memiringkan laptop pada sudut 75 derajat, setelah itu goyangkan laptop. Sebelum itu, kamu harus memastikan jika laptop sudah dinonaktifkan. Dengan begitu kamu bisa memiringkan hingga sudut 90 derajat jika diperlukan.

Setelah itu, bersihkan bagian bawah dan atas keyboard laptop dengan selotip. Lalu periksa semua tombol, apakah sudah normal seperti semula.

2. Restart Laptop

Jika secara tiba-tiba seluruh keyboard tidak merespon tindakan yang kamu lakukan, mungkin masalahnya ada di software, driver ataupun akibat laptop terlalu panas.

Coba restart laptop, ada kemungkinan keyboard laptop bisa kembali seperti semula. Kamu bisa melakukannya dari menu Start, tahan tombol power selama 5 detik atau paling lama 15 detik maka laptop akan restart dengan sendirinya.

Dengan melakukan restart mungkin bisa memecahkan masalah, jika tidak. Kamu bisa mencoba langkah selanjutnya.

3. Restore Windows

Jika keyboard laptop berhenti bekerja setelah melakukan instalasi setiap aplikasi baru atau mengubah pengaturan, cobalah melakukan restore Windows. Kemungkinan besar ini akan memecahkan masalah yang kamu hadapi. Untuk memulihkan sistem, kamu bisa menggunakan cara berikut:

Klik menu Start pada desktop bagian kiri bawah, lallu klik Control Panel.
Sekarang, kamu pilih menu System and Security lalu pilih Back up your computer.
Pada halaman selanjutnya, kamu klik Recover system settings or your computer.
Langkah terakhir kamu klik Open System Restore.
Setelah tahapan tersebut selesai, kamu cukup mengikuti Wizard sederhana untuk melakukan restore Windows. Laptop akan melakukan reboot. Jika itu adalah masalah sistem, seharusnya keyboard laptop sudah sembuh dan dapat digunakan kembali.

4. Melakukan perbaikan Driver Keyboard

Keyboard laptop yang tidak berfungsi, bisa dikarenakan Driver Keyboard tidak up to date atau ada aplikasi perusak yang menyebabkan keyboard kurang responsif.

Kamu dapat memeriksa dan memastikan apakah Driver Keyboard bekerja dengan baik, begitu cara memeriksanya:

Klik menu Start dan pilih Control Panel.
Pada menu Control Panel, klik System and Security dan pilih Device manager.
Pada Device Manager, kamu akan menemukan driver untuk semua hardware yang ada di dalam laptop.
Pilih Keyboard dan kamu akan menemukan pilihan menu driver di bawahnya.
Jika terdapat segitiga kuning dengan tanda seru yang ada didalamnya, itu berarti ada masalah. Ada baiknya kamu update Driver Keyboard. Kamu bisa mengungguhnya di website resmi produsen laptop tersebut. Kemudian kamu cari Driver Keyboard terbaru yang sesuai dengan perangkat, lalu ungguh dan install.

5. Cara Alternatif yang bisa dilakukan

Jika keyboard laptop kamu rusak, sedangkan cara di atas tidak efektif, kamu dapat menggunakan keyboard USB eksternal untuk mengetik.

Terdapat keyboard eksternal dengan desain yang menarik, meskipun kamu menggunakannya dengan sedikit repot. Selain itu jika dalam keadaan darurat, kamu bisa menggunakan keyboard Virtual. Caranya dengan klik Start menu, pilih All Programs, pilih Accessories, klik Ease of Access, dan pilih On-Screen Keyboard.

This year, we have repaired

Tablets
Phones
Computers

Call us to get a free quote now