Opening Time :  Monday‑Saturday  09:00‑21:00   WIB
Call Now / WhatsApp :  08997085631

Saat ini sedang marak Smartphone baterai tanam. Kelebihan smartphone dari smartphone baterai tanam ini adalah membuat desain akan terlihat lebih bagus karena menyatu satu sama lain dan tidak memiliki tutup belakang casing, membuat smartphone akan menjadi semakin tipis dan tentunya akan memungkinkan smartphone untuk tahan terhadap air dengan sedikitnya celah yang terdapat pada body smartphone tersebut.

Namun beberapa kekurangan dari smartphone baterai tanam ini adalah kita akan kesulitan untuk mengganti part pada smartphone seperti ketika misalnya kita ingin mengganti baterai. Selain itu dengan desain baterai tanam ini smartphone biasanya akan lebih sulit untuk dibuka. Tidak seperti smartphone atau handphone biasanya yang bukan baterai tanam.

Desain baterai tanam ini awalnya dipopulerkan oleh Apple lewat smartphone bikinan mereka yaitu iphone. Hingga kini akhirnya banyak juga pabrikan lainnya yang menerapkan desain baterai tanam pada smartphone-smartphone berbasis Android. Bahkan boleh dibilang hampir semua smartphone keluaran terbaru memiliki desain baterai tanam.

Lalu apakah kita bisa membuka dan mengganti baterai pada smartphone dengan desain baterai tanam?. Jawabannya tentu bisa. Orang Indonesia sering menyebut baterai yang terdapat di smartphone dengan sebutan baterai tanam. Karena memang baterai tertanam di dalam smartphone menggunakan kabel flexible yang menancap ke motherboard. Dan berikut ini cara membuka dan mengganti baterai pada smartphone baterai tanam.

Cara mengganti baterai tanam :

1. Persiapkan alat-alat pembuka case smartphone. Kemudian buka backdoor atau casing pada smartphone kamu.

2. Perhatikan kabel fleksibel yang tersambung ke baterai dan motherboard. Biasanya kabel flesibel menancap ke motherboard menggunakan baut. Dan pada beberapa smartphone ada juga yang menggunakan clip dan penghalang dari almunium sehingga tidak terlihat.

3. Buka baut pada kabel fleksibel jika memang terdapat baut pada fleksiblenya.

4. cara mencabut baterai tanam di smartphone
Tarik baterai jika kamu yakin sudah tidak ada lagi penghalang yang menghalangi baterai untuk dicabut. Perhatikan bahwa biasanya baterai akan di lem ke body smartphone menggunakan double tape (double tip), sehingga untuk mencabutnya kita perlu bantuan alat pengungkit. Tarik perlahan hingga semua bagian baterai tercabut.

5. Jika sudah, kita bisa pasang baterai barunya. Disarankan untuk menggunakan double tip lagi pada baterai baru tersebut agar baterai terpasang dengan kokoh ke body smartphone.
Membongkar atau membuka smartphone baterai tanam tidak disarankan buat kamu yang awam terhadap desain smartphone. Membuka smartphone baterai tanam akan berakibat kerusakan pada body smartphone jika memang kamu tidak paham betul bagaimana cara membukanya. Selain itu kemungkinan hardware lainnya yang rusak karena tertanggu saat membuka casing mungkin dapat terjadi, seperti misalnya kerusakan pada lcd, touchscreen, motherboard, dll.

Jika kamu tidak yakin untuk melakukan penggantian baterai sendirian, pergilah ke tempat service Rapih Center.
Rapih Center merupakan jasa perbaikan gadget masa kini. Tidak perlu ragu untuk soal harga perbaikan. Harga service HP di Rapih Center sangat terjangkau.

This year, we have repaired

Tablets
Phones
Computers

Call us to get a free quote now